Tepung Tapioka Untuk Membuat Apa

Table of Contents [Show]

    Tepung Tapioka Untuk Membuat Apa video


    Tepung tapioka adalah tepung yang terbuat dari sari pati singkong. Tepung ini memiliki rasa netral dan bebas gluten sehingga kerap dijadikan sebagai alternatif pengganti tepung jenis lain. Tekstur tepung tapioka cenderung halus dan licin, sedangkan warnanya putih bersih. Tepung tapioka biasanya digunakan untuk membuat makanan penutup seperti boba dan puding. Salah satu fungsi tepung tapioka yang paling populer sebagai pengental masakan seperti pada sup dan saus. Tingkat kekentalan masakan yang menggunakan tepung tapioka lebih tinggi daripada pakai jenis tepung lain.

    Cara membuat tepung tapioka yaitu dengan mengupas dan mencuci singkong terlebih dahulu. Kemudian, singkong dihaluskan sampai menjadi bubur lunak. Selanjutnya, cairan tersebut diperas dan diekstrak. Ketika cairan menguap akan tersisa bubuk putih halus yaitu pati murni singkong. Inilah yang disebut tepung tapioka.

    Tepung tapioka akan berubah tekstur menjadi lengket menyerupai lem ketika dicampurkan dengan air dan dipanaskan. Oleh sebab itu, tepung ini perlu disangrai terlebih dahulu jika akan digunakan untuk membuat kue kering. Hal ini dilakukan agar sel patinya mati dan menghasilkan tekstur kue yang renyah.

    Semoga informasi ini membantu Anda .
    Tepung tapioka adalah pati yang hampir murni dan memiliki nilai gizi yang sangat terbatas. Tapioka secara alami bebas gluten, sehingga dapat berfungsi sebagai pengganti gandum dalam olahan makanan untuk orang yang menjalani diet bebas gluten. Namun, selain itu, tepung tapioka juga bisa digunakan untuk membuat aneka kue dan makanan lainnya seperti aci, cenil atau boba .

    Tepung tapioka cocok untuk orang yang alergi atau tidak toleran terhadap gandum, biji-bijian, dan gluten. Orang yang alergi gluten harus melakukan diet bebas gluten atau gluten-free. Karena tapioka secara alami bebas dari biji-bijian dan gluten, ini mungkin pengganti yang cocok untuk produk berbasis gandum atau jagung. Jika kamu menderita penyakit celiac atau sensitivitas gluten non-celiac dapat menggunakan tepung ini untuk membuat roti dan makanan panggang lainnya.

    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak