Tips Agar Puding Tidak Berair

Table of Contents [Show]

    Berikut adalah beberapa tips agar puding tidak berair:

    1. Mengurangi takaran air
    Jika Anda membuat puding dari puding instan yang dijual di pasaran, biasanya takaran air dan bahan lain serta cara untuk membuat puding tersebut tertera di balik kemasannya. Namun, sebaiknya takarannya dikurangi. Gunakanlah air sebanyak 400 ml saja jika di kemasan tertulis Anda diharuskan menggunakan 500 ml untuk membuat puding. Hal ini dilakukan agar tekstur puding tetap kental dan tidak mudah berair ketika akan disajikan.

    2. Pastikan masih fresh
    Sebelum menghidangkan puding dalam jamuan, pastikan puding yang Anda buat masih fresh. Menjaga puding tetap fresh dapat dilakukan dengan cara membuat puding kurang lebih 3 jam sebelum disajikan. Jika Anda membiarkan puding terlalu lama sebelum disajikan, maka puding akan menjadi lembek bahkan sebelum sampai di meja makan Anda.

    3. Biarkan mendingin dengan sendirinya
    Ketika puding yang Anda buat telah jadi dan masih panas, biarkan puding tersebut mendingin dengan sendirinya. Jangan langsung menaruh puding yang masih panas di lemari pendingin atau menutupnya. Menaruh puding yang masih panas dalam kulkas akan menyebabkan permukaannya berair, yang berasal dari uap panasnya sendiri dan uap dari udara kulkas yang terkena perubahan suhu mendadak. Sementara itu, puding panas yang langsung ditutup akan menyebabkan uap dari puding tersebut menempel di tutupnya dan menjadikannya berair.

    4. Menyimpan yang sudah mendingin dengan penutup
    Menutup puding yang masih panas dan beruap memang tidak baik karena akan menyebabkan puding lebih berair. Tetapi, Anda bisa menutup puding ketika si puding itu telah dibiarkan selama beberapa menit di suhu ruangan sehingga tidak beruap lagi. Anda bisa menutup puding dengan plastic wrap, lalu masukkan ke kulkas.

    5. Hindari menyimpan terlalu lama di kulkas
    Puding akan jauh lebih baik ketika disajikan masih fresh. Setelah Anda menutup puding dan menyimpannya di kulkas, sebisa mungkin puding segera dikonsumsi .
    Untuk membuat puding tidak berair, ada beberapa tips yang bisa Anda coba. Pertama, kurangi takaran air sekitar 100ml dari jumlah takaran yang seharusnya. Misalnya pada kemasan dianjurkan menggunakan air 500 ml, cukup gunakan air 400 ml saja saat memasak puding. Mengurangi takaran air akan membuat puding lebih kental dan tidak terlalu berair. Kedua, pastikan puding yang Anda buat masih fresh. Menjaga puding tetap fresh dapat dilakukan dengan cara membuat puding kurang lebih 3 jam sebelum disajikan. Ketiga, biarkan puding yang Anda buat mendingin dengan sendirinya. Jangan langsung menaruh puding yang masih panas di lemari pendingin atau menutupnya. Menaruh puding yang masih panas dalam kulkas akan menyebabkan permukaannya berair. Keempat, tutuplah puding ketika sudah mendingin dengan penutup seperti plastic wrap atau cetakan Tupperware Jello Set. Terakhir, hindari menyimpan terlalu lama di kulkas karena puding akan jauh lebih baik ketika disajikan masih fresh.

    Tips Agar Puding Tidak Berair dalam video


    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak