Tahu Brontak Berasal Dari

Table of Contents [Show]

    Tahu brontak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari tahu dan tepung terigu yang digoreng dan diisi dengan sayuran seperti taoge dan rempah-rempah sebagai bumbu pelengkap cita rasa. Jajanan ini disajikan sebagai hidangan pelengkap makanan atau sebagai teman ngemil saat berkumpul baik bersama keluarga atau teman sejawat. Tahu brontak ini merupakan salah satu bentuk kreasi dari tahu. Tiap daerah memiliki ciri khas tersendiri untuk tahu brontaknya. Tahu brontak asalnya dari Lumajang dan terkenal di Padang .

    Tahu brontak berasal dari Lumajang dan disebut Taho Berontak oleh warga Lumajang. Dari nama yang kita tahu taho brontak adalah sebuah nama yang menyimbolkan perlawanan terhadap kekuasaan yang ingin menindasnya. Kita tahu perlawanan yang sangat panjang sampai 300 tahun akan menimbulkan suatu budaya yang akan mempengaruhi pola pikir masyarakat yang terlibat dan diwariskan secara terus-menerus. Pada masa perlawanan dahulu para wanita mempunyai peran penting di dalam mendirikan dapur-dapur umum sehingga menghasilkan atribut-atribut makanan atau jajanan yang merupakan perwujudan semangat pada masa tersebut. Memang, makanan bukanlah senjata yang bisa mematikan atau menghancurkan suatu pasukan akan tetapi dari makanan semangat para pasukan akan terus bergelora dalam menghadapi serangan lawan.

    : [Jelajah Nagari Awak: Tahu Brontak Padang Sabana Lamak!](https://www.kidalnarsis.com/2016/12/tahu-brontak-padang-sabana-lamak.html)
    : [Bikin Ngiler, Inilah 13 Makanan Khas Indonesia yang Terbuat dari Tahu](https://www.kaskus.co.id/thread/5f656bbc65b24d0800547912/bikin-ngiler-inilah-13-makanan-khas-indonesia-yang-terbuat-dari-tahu/)
    Tahu brontak adalah salah satu jajanan yang berjenis gorengan, terbuat dari perpaduan olahan tahu dan tepung terigu ditambah dengan sayur mayur dan rempah-rempah sebagai bumbu pelengkap cita rasa. Jajanan ini disajikan sebagai hidangan pelengkap makanan atau sebagai teman ngemil saat berkumpul baik bersama keluarga atau teman sejawat. Tahu brontak ini salah satu bentuk kreasi dari tahu. Tiap daerah memiliki ciri khas tersendiri untuk tahu brontaknya. Tahu brontak asalnya dari Lumajang dan terkenal di Padang .

    Dari namanya memang membuat penasaran. Apa sebabnya diberi nama seperti itu. Kenapa ada kata Brontak-nya. Memang tidak banyak literatur yang membahas asal muasal dari tahu brontak ini. Namun ada satu yang ditulisakan Mansur Hidayat dalam blognya disampaikannya, warga Lumajang lebih suka menyebut nama tahu isi ini dengan nama “Taho Berontak”. Dari nama yang kita tahu taho brontak adalah sebuah nama yang menyimbolkan perlawanan terhadap kekuasaan yang ingin menindasnya. Kita tahu perlawanan yang sangat panjang sampai 300 tahun akan menimbulkan suatu budaya yang akan mempengaruhi pola pikir masyarakat yang terlibat dan diwariskan secara terus-menerus.

    Tahu Brontak Berasal Dari dalam video


    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak