Cara Membersihkan Daging Sapi

Table of Contents [Show]

    Tentang cara membersihkan daging sapi, menurut Holy Cow Steak, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
    1. Pertama, cuci tangan sebelum memegang daging sapi mentah.
    2. Bersihkan bagian kotor daging dengan lap bersih atau tisu. Apabila terdapat bagian yang terlalu kotor, buang bagian tersebut dengan memotongnya menggunakan pisau dapur.
    3. Siapkan panci berisi air dan didihkan. Kemudian, ambil daging dan masukkan ke dalam air mendidih.
    4. Rebus daging kurang lebih 5 menit saja.
    5. Angkat daging dari panci dan tiriskan.
    6. Setelah itu, bilas daging dengan air dingin hingga bersih.
    7. Keringkan daging dengan lap bersih atau tisu.

    Menurut Liputan6.com, mencuci daging sapi dengan air mengalir tidak disarankan karena dapat meningkatkan risiko cross-contamination atau kontaminasi silang. Oleh karena itu, cara membersihkan daging sapi yang benar dan telah teruji ilmiah adalah merebus pada suhu yang tepat dan mengaplikasikan larutan asam. Cobalah dua cara tersebut karena dapat membantu mengurangi risiko keracunan makanan dan menjaga kualitas serta keamanan daging.

    Untuk membersihkan daging sapi, pertama-tama cuci tangan sebelum memegang daging sapi mentah. Bersihkan bagian kotor daging dengan lap bersih atau tisu. Apabila terdapat bagian yang terlalu kotor, buang bagian tersebut dengan memotongnya menggunakan pisau dapur. Siapkan panci berisi air dan didihkan. Kemudian, ambil daging dan masukkan ke dalam air mendidih. Rebus daging kurang lebih 5 menit saja. Setelah itu, angkat daging dan tiriskan airnya. Daging sapi siap diolah menjadi masakan yang lezat.

    Menurut USDA ( United States Department of Agriculture ), membersihkan daging dengan air bukan hal yang tepat, baik itu daging sapi, unggas, hingga domba. Daging sapi mentah mengandung foodborne pathogens yang melimpah, termasuk Salmonella, E. coli, Campylobacter, hingga Listeria. Saat dicuci dengan air, dikhawatirkan akan meningkatkan risiko cross-contamination atau kontaminasi silang. Bakteri yang ada pada daging mentah bisa mengontaminasi permukaan alat yang bersentuhan langsung dengan daging tersebut, seperti pisau, talenan, bak cuci piring, dan sebagainya.

    Cara Membersihkan Daging Sapi dalam video


    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak