Beras Hitam Dan Ketan Hitam

Table of Contents [Show]

    Beras hitam dan ketan hitam adalah dua jenis beras yang berbeda. Beras hitam memiliki warna hitam pekat dengan bagian dalam bulir beras yang juga berwarna hitam. Bulir beras hitam lebih panjang dan langsing daripada beras ketan hitam. Sedangkan ketan hitam adalah varian makanan dari tanaman padi ketan di Indonesia. Ketan hitam dalam perjalanan sejarah memiliki muasal yang panjang. Laman Kompas.com sebagai sumber literatur edisi 26 Oktober 2020, misalnya, menyebut bahwa ketan hitam lekat dengan kuliner masa kini. Paling sering, ketan hitam menjadi bahan untuk kudapan bubur.

    Beras hitam beda dengan ketan hitam, yang selama ini mudah dijumpai di pasar, karena ketan (sticky rice), karbohidratnya lengket, sedangkan beras hitam tidak selengket ketan, meskipun masih sedikit lengket, sehingga bisa dikonsumsi menggunalkan sumpit. Beras hitam disebut chinese black, karena berasal dari daratan China.

    Saya akan mencoba membantu Anda membuat blog tentang Beras Hitam Dan Ketan Hitam. Namun sebelum itu, saya ingin memastikan bahwa saya memahami permintaan Anda dengan benar. terdiri dari minimal 10 paragraf dan Apakah Anda ingin saya membantu Anda menulis tersebut?
    Beras hitam dan ketan hitam memiliki warna yang hampir serupa, yaitu hitam pekat. Namun, keduanya memiliki perbedaan warna bulir yang cukup mencolok. Saat beras hitam dan ketan hitam disandingkan, mungkin warna keduanya nampak sama, yaitu hitam keungu-unguan. Akan tetapi, jika Anda mencoba untuk mengamati dengan lebih cermat, warna hitam keungu-unguan pada lapisan luar beras hitam lebih pekat dibandingkan ketan hitam. Bulir beras hitam juga lebih mengkilap serta berukuran lebih panjang dan langsing. Lapisan luar bulir ketan hitam memiliki warna yang pucat. Selain itu, saat bulir beras hitam dipotong melintang, akan nampak warna hitam cerah pada bagian dalam bulir. Berbeda halnya dengan ketan hitam yang bagian dalam bulirnya berwarna putih susu.

    Perbedaan lainnya adalah segi nutrisi. Beras hitam memberi asupan kalori dan karbohidrat yang sedikit lebih banyak daripada ketan hitam. Akan tetapi, protein dalam beras hitam jauh lebih tinggi daripada ketan hitam, dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Walaupun memiliki persentase karbohidrat yang lebih tinggi, karbohidrat dalam beras hitam didominasi oleh serat tinggi, berbeda dengan ketan hitam yang sumber karbohidratnya mayoritas dari gula. Selain itu, kandungan lemak pada beras hitam pun lebih menyehatkan karena tingginya kadar lemak tidak jenuh dibandingkan dengan lemak jenuh.

    Saat dimasak menjadi nasi, beras hitam memiliki testur yang pulen. Perbedaan mencolok tekstur keduanya saat dimasak yaitu, ketan hitam bersifat lengket, sedangkan beras hitam tidak lengket sama sekali.

    Beras Hitam Dan Ketan Hitam dalam video


    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak