Apa Itu Penyakit Hiv Dan Ciri Cirinya

Table of Contents [Show]
    Apa Itu Penyakit Hiv Dan Ciri Cirinya

    HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yaitu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini menyerang sel CD4, yaitu sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Semakin banyak sel CD4 yang rusak, semakin lemah kekebalan tubuh.

    Gejala HIV pada tahap awal mirip dengan gejala flu, seperti:

    • Demam
    • Kelelahan
    • Sakit kepala
    • Sariawan
    • Nyeri tenggorokan
    • Ruam
    • Pembengkakan kelenjar getah bening

    Gejala-gejala ini biasanya muncul dalam waktu 2-4 minggu setelah terinfeksi HIV. Namun, sebagian besar orang tidak mengalami gejala apa pun pada tahap awal.

    HIV dapat ditularkan melalui:

    • Hubungan seksual tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi HIV
    • Penggunaan jarum suntik yang terkontaminasi HIV
    • Transfusi darah yang terkontaminasi HIV
    • Dari ibu ke anak selama kehamilan, persalinan, atau menyusui

    Cara mencegah penularan HIV adalah dengan:

    • Berhubungan seksual dengan pasangan yang tidak terinfeksi HIV dan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks
    • Tidak menggunakan jarum suntik bersama-sama
    • Melakukan tes HIV secara rutin
    • Menyuapi bayi dengan susu formula

    Jika tidak diobati, HIV dapat berkembang menjadi AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). AIDS adalah stadium lanjut dari HIV di mana sistem kekebalan tubuh sudah sangat lemah. Orang dengan AIDS rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit, termasuk kanker.

    HIV tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat diobati dengan terapi antiretroviral (ARV). ARV adalah obat-obatan yang dapat membantu mengontrol virus HIV dan mencegahnya berkembang menjadi AIDS.

    Dengan pengobatan ARV, orang dengan HIV dapat hidup normal dan sehat. Usia harapan hidup orang dengan HIV yang diobati dengan ARV sama dengan orang yang tidak terinfeksi HIV.

    HIV adalah penyakit yang serius, tetapi dapat diobati dengan ARV. Jika Anda khawatir Anda mungkin terinfeksi HIV, lakukan tes HIV. Tes HIV adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda terinfeksi HIV.

    WebKOMPAS.com - HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh. Jika tidak segera diobati HIV dapat memengaruhi dan membunuh sel CD4 yang merupakan. Webtirto.id - HIV ( Human Immunodeficiency Viru s) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan. WebGejala HIV dibagi berdasarkan tahap perkembangan penyakitnya, yaitu: Tahap 1: Infeksi HIV Akut. Tahap pertama HIV adalah tahap infeksi akut, yang terjadi pada beberapa. WebPenyakit HIV merupakan masalah kesehatan global. Bila kondisi ini tidak diobati secara efektif, maka dapat meningkatkan risiko berbagai infeksi dan kematian. Penyebab.

    Apa Itu Penyakit Hiv Dan Ciri Cirinya

    Ketahui Perbedaan HIV dan AIDS, serta Cara Pengobatannya - Mitra Keluarga - Source: Mitra Keluarga
    Apa Itu Penyakit Hiv Dan Ciri Cirinya

    Segera Jalani Tes HIV Jika Menemukan 6 Gejala Ini - Source: https://www.halodoc.com/artikel/segera-jalani-tes-hiv-jika-menemukan-6-gejala-ini
    Apa Itu Penyakit Hiv Dan Ciri Cirinya

    10 Ciri & Gejala Awal Terinfeksi HIV yang Harus Diwaspadai - Source: Tokopedia

    Apa Itu Penyakit Hiv Dan Ciri Cirinya, HIV/AIDS: Perjalanan Penyakit, Penularan, Gejala, dan Pengobatannya, 15.38 MB, 11:12, 371,021, Alodokter, 2021-12-01T06:45:33.000000Z, 5, Ketahui Perbedaan HIV dan AIDS, serta Cara Pengobatannya - Mitra Keluarga, Mitra Keluarga, 400 x 600, jpg, , 3, apa-itu-penyakit-hiv-dan-ciri-cirinya

    Apa Itu Penyakit Hiv Dan Ciri Cirinya. WebHIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan AIDS (Acquired Immuno-Deficiency Syndrome).

    Ketika mendengar penyakit HIV/AIDS, kebanyakan orang langsung memberikan stigma negatif tanpa mau tahu dulu lebih lanjut tentang penyakit yang satu ini. Padahal, dengan deteksi dini dan pengobatan yang tepat, penyakit HIV bisa dikendalikan agar tidak berkembang menjadi AIDS, lho! Untuk tahu lebih lanjut soal penyakit ini, yuk, simak video oleh dr. Abi berikut ini.
    --
    Website - alodokter.com/
    Aplikasi Alodokter: Chat Bersama Dokter
    Google Play & iOS App Store - bit.ly/2yscf3v

    Social Media
    Facebook - facebook.com/alodokter
    Instagram - instagram.com/alodokter_id
    Twitter - twitter.com/alodokter

    Ketahui Perbedaan HIV dan AIDS, serta Cara Pengobatannya - Mitra Keluarga

    Apa Itu Penyakit Hiv Dan Ciri Cirinya, WebGejala HIV dibagi berdasarkan tahap perkembangan penyakitnya, yaitu: Tahap 1: Infeksi HIV Akut. Tahap pertama HIV adalah tahap infeksi akut, yang terjadi pada beberapa. WebPenyakit HIV merupakan masalah kesehatan global. Bila kondisi ini tidak diobati secara efektif, maka dapat meningkatkan risiko berbagai infeksi dan kematian. Penyebab.

    HIV/AIDS: Perjalanan Penyakit, Penularan, Gejala, dan Pengobatannya

    HIV/AIDS: Perjalanan Penyakit, Penularan, Gejala, dan Pengobatannya

    Source: Youtube.com

    Waspada! Ketahui Apa itu Penyakit HIV: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya | Kata Dokter

    Waspada! Ketahui Apa itu Penyakit HIV: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya | Kata Dokter

    Source: Youtube.com

    HIV & AIDS - signs, symptoms, transmission, causes & pathology

    HIV & AIDS - signs, symptoms, transmission, causes & pathology

    Source: Youtube.com

    Yuk, kenali ciri-ciri HIV/AIDS dan penularannya bersama dr. Shiella, Sp.PD di Bincang Sehat MIKA ✨

    Yuk, kenali ciri-ciri HIV/AIDS dan penularannya bersama dr. Shiella, Sp.PD di Bincang Sehat MIKA ✨

    Source: Youtube.com

    What is HIV / AIDS and how does it affect your body | Stanford Center for Health Education

    What is HIV / AIDS and how does it affect your body | Stanford Center for Health Education

    Source: Youtube.com


    .


    .


    .


    .


    .


    -ciri-hiv-pada-wanita10 Gejala dan Ciri-Ciri HIV Pada Wanita | HonestDocs

    Ciri-ciri HIV pada Wanita yang khas. Jika dibandingkan dengan pria, ada beberapa gejala HIV pada wanita yang cukup khas. Beberapa ciri-ciri HIV pada wanita di antaranya: 1. Gejala awal mirip flu. Pada minggu-minggu pertama setelah terinfeksi HIV, seseorang cenderung mengalami gejala ringan mirip flu seperti demam, sakit kepala, serta lesu. .


    yaHIV Ciri Cirinya: Mengenal Tanda-tanda dan Gejala HIV/AIDS

    Lelah Berlebihan Kelelahan yang tidak wajar juga dapat menjadi gejala pada tahap awal infeksi HIV. Seseorang mungkin merasa lelah dan lesu sepanjang waktu, bahkan setelah beristirahat yang cukup. Kelelahan ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh sedang bekerja keras untuk melawan virus HIV yang masuk ke dalam tubuh. .


    .


    .


    .


    .


    .


    genal-hiv-dan-aidsMengenal HIV dan AIDS serta Tanda-tanda Gejalanya

    HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan AIDS (Acquired Immuno-Deficiency Syndrome) merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh sangat lemah akibat infeksi HIV. Apa itu HIV dan AIDS? .


    jala-terkena-hiv-aidsGejala dan Ciri-Ciri HIV AIDS Tahap Awal Sampai Lanjut

    Ruam dapat berwarna merah, coklat, merah muda, atau bercak keunguan. Badan yang terus menerus mengalami lelah dan tidak jelas penyebabnya bisa menjadi bagian ciri-ciri HIV. Ini pertanda bahwa HIV sudah melemahkan stamina tubuh. Waspadai jika Anda mengalami diare selama lebih dari seminggu. .


    sHIV dan AIDS - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

    Pencegahan Pengertian HIV dan AIDS HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit. .

    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak