Apa Itu Hiv Sida

Table of Contents [Show]
    Apa Itu Hiv Sida

    HIV/AIDS adalah singkatan dari human immunodeficiency virus/acquired immunodeficiency syndrome. HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sedangkan AIDS adalah kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang sangat lemah akibat infeksi HIV.

    HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh, seperti darah, sperma, cairan vagina, dan ASI. Penularan HIV dapat terjadi melalui:

    • Hubungan seksual tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi HIV
    • Berbagi jarum suntik dengan orang yang terinfeksi HIV
    • Transfusi darah yang terinfeksi HIV
    • Dari ibu yang terinfeksi HIV ke bayinya selama kehamilan, persalinan, atau menyusui

    Gejala HIV/AIDS tidak selalu muncul dalam waktu yang cepat. Pada tahap awal, seseorang yang terinfeksi HIV mungkin tidak merasakan gejala apa pun. Gejala yang muncul pada tahap awal HIV/AIDS dapat berupa:

    • Demam
    • Sakit kepala
    • Kelelahan
    • Radang tenggorokan
    • Sariawan
    • Pembengkakan kelenjar getah bening

    Setelah beberapa tahun, HIV dapat berkembang menjadi AIDS. Gejala AIDS dapat berupa:

    • Infeksi oportunistik, yaitu infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme yang biasanya tidak menyebabkan penyakit pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat
    • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
    • Diare kronis
    • Demam yang berlangsung lebih dari satu bulan
    • Batuk yang berlangsung lebih dari satu bulan
    • Infeksi jamur di mulut atau tenggorokan
    • Infeksi jamur di selaput lendir vagina atau anus

    Cara terbaik untuk mencegah HIV/AIDS adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi HIV. Jika Anda melakukan hubungan seksual, gunakan kondom setiap saat. Anda juga dapat melindungi diri dari HIV/AIDS dengan:

    • Tidak berbagi jarum suntik
    • Tidak menerima transfusi darah yang tidak diuji
    • Menyusui bayi Anda dengan ASI eksklusif selama enam bulan pertama

    Hingga saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan HIV. Namun, ada obat-obatan antiretroviral (ARV) yang dapat membantu mengontrol virus HIV dan mencegahnya berkembang menjadi AIDS. Dengan pengobatan ARV, orang dengan HIV/AIDS dapat hidup lama dan sehat.

    Tes HIV dapat dilakukan di rumah sakit, klinik, atau puskesmas. Tes HIV biasanya dilakukan dengan mengambil sampel darah dari vena di lengan. Hasil tes HIV dapat diketahui dalam beberapa hari.

    Jika Anda dites positif HIV, Anda harus segera menemui dokter. Dokter akan memberikan informasi tentang HIV/AIDS dan membantu Anda memulai pengobatan ARV.

    HIV/AIDS adalah penyakit yang serius, tetapi dapat dicegah dan diobati. Dengan informasi yang tepat dan tindakan pencegahan yang efektif, Anda dapat melindungi diri dari HIV/AIDS.

    WebPenyebab. Gejala. Diagnosis. Perawatan. Pencegahan. KOMPAS.com - HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh. Jika tidak segera diobati HIV dapat. WebAcquired immune deficiency syndrome AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus human immunodeficiency virus (HIV).. Pengertian. AIDS adalah tahap lanjut dari infeksi. WebApa itu HIV? HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang menyerang sel-sel sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi. Kondisi tersebut tentu. WebPengertian Penyakit HIV. Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, khususnya sel CD4.Pada kondisi tertentu, infeksi. WebJika infeksi virus HIV dibiarkan berkembang, kondisi ini bisa berubah semakin parah menjadi AIDS. Berikut ini adalah berbagai gejala penyakit AIDS yang dapat muncul:. WebVirus HIV terbagi menjadi dua tipe utama, yaitu HIV-1 dan HIV-2. Pada 90% kasus, infeksi HIV disebabkan oleh HIV-1. Sementara, HIV-2 diketahui hanya menyerang sebagian.

    Apa Itu Hiv Sida

    Penjelasan Perbedaan Mendasar dari HIV dan AIDS - Source: Halodoc
    Apa Itu Hiv Sida

    RSUP Dr. Sardjito | HIV AIDS : Hindari Penyakitnya, Bukan Orangnya - Source: RSUP Dr Sardjito
    Apa Itu Hiv Sida

    5 Fakta Tentang HIV/AIDS - Dinas Kesehatan Provinsi Banten - Source: Dinas Kesehatan Provinsi Banten

    Apa Itu Hiv Sida, HIV/AIDS: Perjalanan Penyakit, Penularan, Gejala, dan Pengobatannya, 15.38 MB, 11:12, 371,021, Alodokter, 2021-12-01T06:45:33.000000Z, 5, Penjelasan Perbedaan Mendasar dari HIV dan AIDS, Halodoc, 581 x 601, jpg, , 3, apa-itu-hiv-sida

    Apa Itu Hiv Sida. WebApa itu HIV dan AIDS? HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, mengganggu kemampuannya untuk melawan infeksi dan penyakit. Jika tidak diobati,. WebSementara itu, AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Virus HIV merusak sistem kekebalan tubuh dengan cara menginfeksi.

    Ketika mendengar penyakit HIV/AIDS, kebanyakan orang langsung memberikan stigma negatif tanpa mau tahu dulu lebih lanjut tentang penyakit yang satu ini. Padahal, dengan deteksi dini dan pengobatan yang tepat, penyakit HIV bisa dikendalikan agar tidak berkembang menjadi AIDS, lho! Untuk tahu lebih lanjut soal penyakit ini, yuk, simak video oleh dr. Abi berikut ini.
    --
    Website - alodokter.com/
    Aplikasi Alodokter: Chat Bersama Dokter
    Google Play & iOS App Store - bit.ly/2yscf3v

    Social Media
    Facebook - facebook.com/alodokter
    Instagram - instagram.com/alodokter_id
    Twitter - twitter.com/alodokter

    Penjelasan Perbedaan Mendasar dari HIV dan AIDS

    Apa Itu Hiv Sida, WebPengertian Penyakit HIV. Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, khususnya sel CD4.Pada kondisi tertentu, infeksi. WebJika infeksi virus HIV dibiarkan berkembang, kondisi ini bisa berubah semakin parah menjadi AIDS. Berikut ini adalah berbagai gejala penyakit AIDS yang dapat muncul:. WebVirus HIV terbagi menjadi dua tipe utama, yaitu HIV-1 dan HIV-2. Pada 90% kasus, infeksi HIV disebabkan oleh HIV-1. Sementara, HIV-2 diketahui hanya menyerang sebagian.

    HIV/AIDS: Perjalanan Penyakit, Penularan, Gejala, dan Pengobatannya

    HIV/AIDS: Perjalanan Penyakit, Penularan, Gejala, dan Pengobatannya

    Source: Youtube.com

    ¿Qué diferencia hay entre VIH y SIDA🩸🦠👀

    ¿Qué diferencia hay entre VIH y SIDA🩸🦠👀

    Source: Youtube.com

    HIV & AIDS - signs, symptoms, transmission, causes & pathology

    HIV & AIDS - signs, symptoms, transmission, causes & pathology

    Source: Youtube.com

    What Is HIV

    What Is HIV

    Source: Youtube.com

    What it means to have HIV

    What it means to have HIV

    Source: Youtube.com


    Apa itu hiv aids jurnal sHIV dan AIDS - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

    Apa itu hiv aids jurnal HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit. Apa itu hiv aids menurut para ahli.


    Apa itu hiv aids menurut para ahli

    Apa itu hiv aids menurut para ahli Apa itu hiv aids brainly.


    Apa itu hiv aids brainly

    Apa itu hiv aids brainly Apa itu hiv aids adalah.


    Apa itu hiv aids adalah

    Apa itu hiv aids adalah Apa itu hiv aids.


    Apa itu hiv aids

    Apa itu hiv aids Apa itu hiv aids adalah.


    Apa itu penyakit hiv/aids jelaskan IVHIV - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Apa itu penyakit hiv/aids jelaskan Human immunodeficiency virus 2. l. b. s. Virus imunodefisiensi manusia [1] ( bahasa Inggris: human immunodeficiency virus; sering disingkat HIV) adalah virus mematikan dari dua spesies lentivirus penyebab AIDS. [2] Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Jika virus , Apa itu virus hiv aids.


    Apa itu penyakit hiv/aids jelaskan.


    Pengertian HIV: Penjelasan Lengkap tentang Virus HIV dan AIDS

    HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini dapat menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome), yang merupakan tahap lanjutan dari infeksi HIV. HIV menyerang sel-sel kekebalan tubuh, terutama sel CD4 yang bertugas melawan infeksi dan penyakit. .


    .


    .


    .


    Apa itu virus hiv aids genal-hiv-dan-aidsMengenal HIV dan AIDS serta Tanda-tanda Gejalanya

    Apa itu virus hiv aids Apa itu HIV dan AIDS? HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, mengganggu kemampuannya untuk melawan infeksi dan penyakit. Jika tidak diobati, HIV dapat berkembang menjadi AIDS, yaitu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh sangat lemah sehingga tubuh menjadi rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit serius. Jelaskan apa itu hiv/aids.


    Jelaskan apa itu hiv/aids

    Jelaskan apa itu hiv/aids Apa arti hiv aids.


    Apa arti hiv aids › hiv-dan-aidsApa itu HIV AIDS? Gejala, Penyebab & Pengobatan - Halodoc

    Apa arti hiv aids HIV ( Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Apa pengertian hiv aids.


    Apa pengertian hiv aids -pengertian-gejalaApa Itu HIV & AIDS: Pengertian, Gejala, Penularan, Pencegahan

    Apa pengertian hiv aids tirto.id - HIV ( Human Immunodeficiency Viru s) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Sementara itu, AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Apa itu hiv aids jurnal.

    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak