Apa Yang Dimaksud Chauvinisme Bangsa

Table of Contents [Show]

    Chauvinisme adalah paham atau ideologi yang mengagung-agungkan bangsa/negara sendiri dan memandang rendah bangsa lain. Chauvinisme merupakan bentuk dari perasaan cinta, bangga, royalitas yang tinggi, fanatisme atau kesetiaan pada suatu tanah air atau negara tanpa mempertimbangakan pandangan dari orang lain tentang suatu bangsa lain.

    Chauvinisme bangsa merupakan sikap yang berlebihan dalam mencintai dan mengagung-agungkan bangsa sendiri. Sikap ini biasanya disertai dengan pandangan negatif terhadap bangsa lain. Chauvinisme bangsa dapat diartikan juga sebagai nasionalisme yang sempit.

    Chauvinisme bangsa memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    Chauvinisme bangsa dapat menimbulkan dampak negatif, seperti:

    Contoh chauvinisme bangsa dapat dilihat pada masa Perang Dunia II, di mana Nazi Jerman mengagung-agungkan bangsa Jerman dan menganggap bangsa lain sebagai inferior. Hal ini menyebabkan terjadinya Holocaust, yaitu pembantaian massal terhadap bangsa Yahudi.

    Chauvinisme bangsa juga dapat dilihat pada masa penjajahan, di mana bangsa penjajah mengagung-agungkan bangsanya sendiri dan menganggap bangsa yang dijajah sebagai inferior. Hal ini menyebabkan terjadinya berbagai bentuk penindasan dan diskriminasi terhadap bangsa yang dijajah.

    Chauvinisme bangsa merupakan sikap yang berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai dampak negatif. Oleh karena itu, penting untuk menghindari sikap chauvinisme bangsa dan mengembangkan sikap toleransi dan saling menghargai antar bangsa.

    Apa Yang Dimaksud Chauvinisme Bangsa video

    Apa Yang Dimaksud Chauvinisme Bangsa

    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak