Tumpeng Merah Putih 17 Agustus

Table of Contents [Show]

    Tumpeng Merah Putih 17 Agustus adalah hidangan khas Indonesia yang biasanya disajikan pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Tumpeng terdiri dari nasi yang dibentuk kerucut dan menggunung serta dihiasi dengan berbagai macam lauk pauk yang mengelilingi tumpeng. Tumpeng Merah Putih pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia biasanya menggunakan warna merah dan putih pada nasi tumpengnya yang melambangkan bendera Indonesia .

    Tumpeng memiliki banyak filosofi, mulai dari nama hingga bentuknya. Tumpeng dijadikan sebagai simbol perayaan hari kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus karena tumpeng punya banyak filosofi. Tumpeng adalah hidangan berupa nasi yang dibentuk kerucut dan menggunung. Dahulu tumpeng disajikan secara sederhana oleh masyarakat Jawa sebagai peringatan dalam setiap tahapan kehidupan. Kini tumpeng sudah menjadi kekinian dengan lauk-pauknya yang beragam dan hiasan beraneka ragam sayuran. Di balik penyajiannya, tumpeng memiliki makna yang mendalam. Mulai dari nama, bentuk, alat masak, lauk dan cara memotongnya.

    Tumpeng Merah Putih 17 Agustus adalah hidangan khas Indonesia yang biasanya disajikan pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Tumpeng ini terdiri dari nasi putih dan nasi merah yang disusun dalam bentuk kerucut dan dihiasi dengan berbagai macam lauk pauk. Nasi putih melambangkan kesucian dan kebersihan sedangkan nasi merah melambangkan semangat juang dan keberanian para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia .

    Berikut adalah resep tumpeng merah putih 17 Agustus yang cukup sederhana untuk dicoba sendiri di rumah:
    – Bahan-bahan:
    – 800 gr beras
    – 200 gr beras ketan, sudah direndam 6 jam
    – 500 ml santan kelapa
    – 350 ml air
    – 7 buah tomat
    – 2 batang serai
    – 4 lembar daun salam
    – 2 buah perasan jeruk limau
    – Sejumput garam
    – Pewarna makanan merah
    – Tambahan air secukupnya

    – Langkah-langkah:
    1. Pisahkan 300 gram beras untuk membuat tumpeng merah, dan 500 gram untuk membuat tumpeng nasi putih.
    2. Blender tomat, paprika, serta air secukupnya sampai menjadi jus. Kemudian saring dan diamkan dalam mangkuk.
    3. Dalam wadah tahan panas atau magic com, campurkan 300 gram beras, beras ketan, jus tomat paprika, serai, daun salam, sedikit garam, air perasan jeruk limau, dan pewarna makanan. Aduk sampai merata, tambahkan air secukupnya bila diperlukan.
    4. Masak nasi merah dalam magic com atau bisa juga dikukus. Tunggu sampai nasi matang sempurna.
    5. Kemudian, di wadah lainnya, campurkan sisa beras, beras ketan, serai, daun salam, air perasan jeruk limau, sejumput garam. Aron atau kukus nasi sampai matang secara sempurna.
    6. Setelah kedua nasi matang. Siapkan cetakan khusus tumpeng. Letakkan dan padatkan nasi putih di bagian bawah cetakan. Barulah tempatkan nasi merah dibagian atasnya.
    7. Bila dirasa sudah cukup memadat, lepaskan nasi tumpeng dari cetakan ke atas piring.

    Tumpeng Merah Putih 17 Agustus dalam video


    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak