Bumbu Dasar Putih Untuk Masakan Apa Saja

Table of Contents [Show]

    Bumbu dasar putih adalah bumbu yang sangat serbaguna dan bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Bumbu ini terbuat dari beberapa jenis rempah yang spesifik khususnya bawang putih dan bawang merah. Kemudian biasanya ada tambahan yang tergolong wajib juga yaitu kemiri dan lengkuas. Dikarenakan nantinya akan ditambah dengan rempah yang berbeda-beda pada saat memasak hidangan tertentu, maka idealnya jangan dulu ditambahkan dengan aneka rempah atau aromatik lainnya bila ingin menyimpan stok. Bahan-bahan lain bisa ditambahkan ketika akan mulai memasak hidangan tersebut.

    Bumbu dasar putih bisa digunakan untuk beberapa jenis masakan seperti aneka tumisan sayur, semur, sup, hingga nasi goreng. Kamu hanya cukup menambahkan beberapa bumbu lain yang dibutuhkan. Contohnya untuk membuat opor, kamu tinggal tambahkan daun salam, serai, dan santan. Sementara untuk semur, kamu bisa menambahkan kecap.

    Untuk membuat bumbu dasar putih sendiri, kamu bisa menggunakan blender atau food processor agar lebih praktis. Lalu agar tercampur rata, biasanya perlu ditambahkan minyak sebelum diblender ataupun dilebihkan pada saat akan disimpan sehingga lebih panjang usianya. Untuk satu toples atau wadah berukuran sedang, kamu bisa menggunakan kurang lebih komposisi sebagai berikut:
    – 100 gram bawang putih
    – 250 gram bawang merah
    – 50 gram kemiri, sangrai
    – 200 ml minyak

    Setelah selesai dihaluskan, kamu bisa mulai memasak bumbunya di atas wajan. Di tahap ini opsional bisa kamu tambahkan dengan ketumbar bubuk ataupun garam dan merica secukupnya. Teruskan memasak dengan menggunakan api kecil sambil terus diaduk hingga bumbu dasar putih mulai berubah warna dan minyaknya keluar. Hindari menggunakan api besar saat membuatnya agar bumbu tidak cepat gosong.

    Bila disimpan dalam kulkas, bumbu dasar bisa bertahan dari satu hingga dua pekan.
    Bumbu dasar putih terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri dan lengkuas. Bumbu ini bisa digunakan untuk beberapa jenis masakan seperti aneka tumisan sayur, semur, sup, hingga nasi goreng. Kamu hanya cukup menambahkan beberapa bumbu lain yang dibutuhkan. Contohnya untuk membuat opor, kamu tinggal tambahkan daun salam, serai, dan santan. Sementara untuk semur, kamu bisa menambahkan kecap.

    Untuk membuat bumbu dasar putih sendiri, kamu bisa menggunakan blender atau food processor agar lebih praktis. Lalu agar tercampur rata, biasanya perlu ditambahkan minyak sebelum diblender ataupun dilebihkan pada saat akan disimpan sehingga lebih panjang usianya.

    Untuk satu toples atau wadah berukuran sedang, kamu bisa menggunakan kurang lebih komposisi sebagai berikut:
    – 100 gram bawang putih
    – 250 gram bawang merah
    – 50 gram kemiri, sangrai
    – 200 ml minyak

    Bumbu Dasar Putih Untuk Masakan Apa Saja dalam video


    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak