Bumbu Dasar Dan Contoh Masakannya

Table of Contents [Show]

    Bumbu Dasar Dan Contoh Masakannya video


    Tentang bumbu dasar dan contoh masakannya, ada beberapa jenis bumbu dasar yang biasa digunakan dalam masakan Indonesia. Bumbu dasar ini terdiri dari bumbu dasar merah, putih, dan kuning. Bumbu dasar merah biasanya digunakan dalam masakan sambal goreng, balado, urap, rendang, pepes, nasi goreng, sambal bajak, dan gulai. Bumbu dasar putih biasanya digunakan dalam masakan seperti sup ayam, sop buntut, dan sup iga sapi. Sedangkan bumbu dasar kuning biasanya digunakan dalam masakan seperti nasi kuning dan opor ayam .

    Untuk membuat bumbu dasar merah, Anda memerlukan cabai merah keriting sebanyak 10 buah, cabai rawit sebanyak 5 buah, bawang merah sebanyak 10 siung, bawang putih sebanyak 5 siung, kemiri sebanyak 5 butir, ketumbar sebanyak 1 sendok teh dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dihaluskan hingga halus dan siap digunakan.

    Untuk membuat bumbu dasar putih, Anda memerlukan bawang putih sebanyak 10 siung, kemiri sebanyak 5 butir dan ketumbar sebanyak 1 sendok teh. Semua bahan tersebut dihaluskan hingga halus dan siap digunakan.

    Untuk membuat bumbu dasar kuning, Anda memerlukan kunyit sebanyak 2 ruas jari ibu jari tangan Anda (sekitar 20 gram), bawang putih sebanyak 5 siung dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dihaluskan hingga halus dan siap digunakan.

    Bumbu dasar adalah campuran bahan-bahan/bumbu yang digunakan sebagai dasar dalam memasak dan sering kali digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan. Bumbu dasar ini memiliki rasa dan aroma yang khas dan memberikan ciri khas pada masakan, terutama masakan-masakan khas Indonesia.

    Bumbu dasar terdiri dari beberapa jenis, yakni bumbu dasar putih, bumbu dasar kuning, dan bumbu dasar merah. Bumbu dasar putih terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan ketumbar, serta kemiri. Dapat dipakai untuk memasak gudeg, terik daging, ase lidah, sayur lodeh, tempe bacem, dan opor. Bumbu dasar kuning terbuat dari bumbu dasar putih ditambah kunyit. Bumbu dasar merah sering digunakan sebagai bumbu dasar dalam memasak makanan khas Indonesia seperti rendang, gulai, dan opor ayam. Bumbu dasar merah terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, terasi, dan lainnya.

    See Also

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak